Menjelajahi Pembagian Waktu di Indonesia Dari WIB hingga WIT

zona waktu indonesia
Pembagian Waktu Indonesia

Menjelajahi Pembagian Waktu di Indonesia Dari WIB hingga WIT – Indonesia adalah negara kepulauan terbesar kelima di dunia.  Dengan 17.508 pulau yang tersebar luas dan garis pantai yang membentang sepanjang 81.000 km.

Dengan luasnya wilayah geografisnya, Indonesia terbagi menjadi tiga zona waktu utama: WIB (Waktu Indonesia Barat), WITA (Waktu Indonesia Tengah), dan WIT (Waktu Indonesia Timur).

Pembagian tiga zona waktu di Indonesia didasarkan pada garis bujur 0° yang melewati Greenwich, Inggris—yang terkenal dengan sebutan Greenwich Mean Time (GMT).

3 Jenis Pembagian Waktu di Indonesia

Waktu Indonesia Bagian Barat ( WIB )

Wilayah ini membentang sepanjang garis bujur 105° BT dan meliputi area seperti Sumatera, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Jawa, Madura, serta pulau-pulau kecil di sekitarnya seperti Bangka, Belitung, dan Karimunjawa. Di kawasan ini, waktu lebih maju tujuh jam dibandingkan Greenwich Mean Time (GMT), sering disebut sebagai GMT+7.

Waktu Indonesia Bagian Tengah ( WITA )

Zona waktu berikutnya membentang sepanjang garis bujur 120° BT, mencakup wilayah seperti Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Di daerah ini, waktu lebih maju delapan jam dibandingkan Greenwich Mean Time (GMT), sering disebut sebagai GMT+8.

Waktu Indonesia Bagian Timur ( WIT )

Zona waktu bagian timur ini terletak di sepanjang garis bujur 135° BT, mencakup wilayah Maluku dan Papua. Waktu di daerah ini lebih maju sembilan jam dibandingkan Greenwich Mean Time (GMT), atau dikenal sebagai GMT+9.

Faktor Yang Menentukan Perbedaan Pembagian Waktu di Indonesia

Berdasarkan pembagian wilayah yang telah disebutkan, perbedaan zona waktu di Indonesia dapat dirinci sebagai berikut:

Waktu Indonesia Barat (WIB) tertinggal satu jam dibandingkan Waktu Indonesia Tengah (WITA). Dan dua jam lebih lambat dibandingkan Waktu Indonesia Timur (WIT).

Waktu Indonesia Tengah (WITA) lebih cepat satu jam dibandingkan Waktu Indonesia Barat (WIB). Dan tertinggal satu jam di belakang Waktu Indonesia Timur (WIT).

Waktu Indonesia Timur (WIT) lebih cepat satu jam dibandingkan Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan dua jam lebih cepat daripada Waktu Indonesia Barat (WIB).

Perbedaan waktu tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi juga di seluruh belahan bumi. Fenomena ini disebabkan oleh rotasi bumi yaitu perputaran bumi pada porosnya.

Sebagai akibat dari bentuk bulat bumi, beberapa wilayah akan terkena sinar matahari dan mengalami siang hari, sementara bagian lainnya yang tidak terkena sinar matahari akan berada dalam kegelapan malam.

Secara lebih rinci, wilayah bumi dibagi setiap jam berdasarkan garis bujur—garis imajiner yang membentang dari kutub utara ke kutub selatan.

Para ahli menetapkan Kota Greenwich di Inggris sebagai garis bujur 0°.  Yang dikenal dengan sebutan GMT. GMT ini berfungsi sebagai patokan waktu global, termasuk dalam penentuan waktu di Indonesia.

Demikianlah penjelasan tentang perbedaan zona waktu di Indonesia berdasarkan wilayahnya. Semoga informasi ini menambah wawasan kalian dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top