Musim Hujan di Indonesia Terjadi pada Bulan Apa Saja?

Musim Hujan di Indonesia Terjadi pada Bulan Apa Saja – Puncak musim hujan 2023 di sebagian besar wilayah Indonesia. Diprediksi akan terjadi pada bulan Januari dan Februari 2024.

Musim Hujan di Indonesia Terjadi pada Bulan Apa Saja?

Saat ini, beberapa daerah di Indonesia telah memasuki musim hujan. Sementara banyak wilayah lain masih mengalami kekeringan karena belum turun hujan.

Menurut Antara News, BMKG memperkirakan curah hujan pada dasarian I-III November 2023. Rata-rata berada dalam kategori rendah hingga menengah (0-150 mm/dasarian).

Wilayah yang diprediksi akan mengalami hujan kategori tinggi pada dasarian I November 2023. Meliputi sebagian Aceh, sebagian kecil Kalimantan Barat, Jawa Barat, dan Papua.

Dalam masa peralihan atau pancaroba ini, BMKG mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem saat peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, menyatakan bahwa kondisi cuaca. Bisa sangat tidak stabil karena arah angin yang bervariasi, mengakibatkan perubahan cuaca yang tiba-tiba dari panas menjadi hujan atau sebaliknya.

Musim Hujan di Indonesia Terjadi pada Bulan Apa?

Dalam menghadapi kondisi cuaca yang tidak menentu, di beberapa daerah di Indonesia sudah mulai hujan sementara yang lain belum, banyak orang mungkin bertanya-tanya kapan sebenarnya musim hujan di Indonesia sedang berlangsung.

Penting untuk diketahui bahwa Indonesia memiliki iklim tropis, yang berarti suhu rata-rata tinggi sepanjang tahun dan tidak mengalami perubahan musim yang ekstrim.Negara ini hanya mengenal dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Musim hujan ditandai dengan meningkatnya curah hujan dan biasanya berlangsung dari bulan Oktober hingga Maret, bersamaan dengan tiangnya angin muson barat.

Sebaliknya, musim kemarau adalah periode di mana curah hujan menurun, yang umumnya terjadi pada bulan April hingga September, saat musim angin timur berhembus.

perkiraan Musim Hujan Tahun 2023 oleh BMKG

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan prakiraan musim hujan 2023 di Indonesia. Berikut adalah beberapa poin penting dari prakiraan tersebut:

  1. Mayoritas wilayah di Indonesia diperkirakan akan memulai musim hujan 2023 antara Oktober hingga Desember 2023.
  2. Awal musim hujan di banyak daerah kemungkinan akan mundur, sementara beberapa wilayah lainnya diperkirakan akan mengikuti pola normal.
  3. Selama musim hujan 2023, banyak daerah di Indonesia diperkirakan mengalami curah hujan di bawah normal, sementara sebagian lainnya diperkirakan akan mengalami curah hujan di atas normal.
  4. Puncak musim hujan 2023 diperkirakan akan terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia pada bulan Januari dan Februari 2024. Banyak wilayah diperkirakan mengalami puncak pada waktu yang normal, namun beberapa wilayah lainnya mungkin mengalami penundaan.
  5. Durasi musim hujan 2023 di sebagian besar wilayah Indonesia diperkirakan berlangsung antara 10 hingga 24 dasarian. 

 

Scroll to Top